25 Sep 2011

Membaca Peluang Pasar "Usaha Laundry Rumahan"

Di daerah sekitar saya dimana setiap saya berada disekitar dan tempat saya beraktifitas disuatu tempat lingkungan tersebut pasti saya melihat banyak sekali dijumpai bisnis usaha ini yang sekarang lagi berkembang pesat, dimana-mana ada bahkan hampir disetiap sudut gang menemukan bisnis laundry kiloan maupun bisnis laundry yang menggunakan sistem permeteran. Dan ternyata di luar daerah pun juga banyak menemukan bisnis usaha laundry kiloan maupun bisnis laundry yang menggunakan sistem permeteran yang lagi bertebaran di sudut-sudut kota dan menjdai trend senter. Mencuci merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi semua orang. Selama manusia masih menggunakan pakaian dan celana atau sejenisnya, bisnis laundry masih tetap akan ada dan selalu hidup, selama apa yang sebelumnya saya bilang yaitu selagi manusia masih menggunakan dan membutuhkan pakaian dan bahan-bahan lainnya. Dengan jangkauan pangsa pasar dalam bisnis usaha laundry yang sekarang ini mencakup lebih luas dan besar yaitu mulai dari sasaran untuk rumah tangga, mahasiswa, rumah makan bahkan perhotelan ataupun instasi pemerintah, perusahaan swasta dan lain-lain. 

Awal mulanya banyak orang tidak tau tentang laundry dan mereka akhirnya mencari tau ataupun bertanya-tanya tentang cuci kiloan maupun cuci dengan sistem permeteran. Dan akhirnya mereka mengerti cuci kolian itu apa, cuci kiolan yaitu mencuci dengan menggunakan pelayanan jasa untuk mencucikan bajunya yang ditimbang terlebih dahulu sesuai dengan berat perkilogramnya dengan kualitas yang baik dan memuaskan. Begitu pun sama dengan cuci meteran yang bedanya diukur sesuai dengan pajang pakaian atau bahan-bahan lainnya. 

Akhirnya setelah konsumen mengetahui bahwa mencuci kiloan atau permeteran itu lebih hemat (economis), pelan tapi pasti dan tidak merusak baju. Laundry kiloan dan permeteran mulai direspon baik oleh konsumennya mulai dari ibu rumah tangga yang sibuk akan pekerjaannya, bahkan untuk para mahasiswa-mahasiswi yang merantau atau tinggal dikost-kosan, dan karyawan-karyawati (lajang) yang mengurus semua-muanya sendiri dan yang sibuk dengan urusan kantor yang menyita waktu dan tenaga mereka dan masih banyak lagi pengguna jasa laundry lainnya dari berbegai kalangan. Bahkan baik dari pihak konsumen maupun si pemilik laundry kiloan ataupun laundry dengan sistem permeteran mereka saling merasa diuntungkan dan menguntungkan bagi kedua bela pihak. Bagi konsumen biaya mencuci sangat ringan sesuai kantong ibu-ibu rumah tangga serta para mahasiswa, yang merupakan pangsa pasar terbesar untuk bisnis usaha laundry kiloan. Bagi pengusaha laundry pun juga sama merasakan diuntungkan, karena dengan harga yang terjangkau dapat menarik konsumen yang begitu banyak sehingga ia akan mendapatkan keuntungan yang tinggi. 

Melihat adanya peluang yang bagus untuk kedepannya dan untuk jangka waktu yang panjang, disini saya sangat tertarik untuk mengambil sebuah peluang tersebut menjadi sebuah keuntungan buat saya dan tidak ada salahnya untuk mencoba peluang itu, yaitu bisnis laundry kiloan maupun bisnis laundry yang menggunakan sistem permeteran karena peluang usaha tersebut ditempat saya tinggal masih belum begitu banyak dan diminati oleh pembisinis lainnya, masih sedikit kompetitor yang ada dalam bisnis ini sedangkan permintaan dan peminatnya pun semakin besar. Dengan adanya terlalu banyak yang menekuni bisnis laundry kiloan maupun bisnis laundry yang menggunakan sistem permeteran di setiap daerah/wilayah ada ataupun ditempat lainnya, maka saya pun tidak mau kalah saing dengan mereka, dan saya akan berlomba-lomba dalam meningkatkan pelayanan yang terbaik yang nantinya akan meningkatkan kepuasan konsumen sehingga konsumen merasa puas dan kembali memakai jasa laundry kami, seperti contohnya saya akan memberikan pelayanan untuk antar jemput pakain-pakain yang siap untuk dilaundry atau menggantarkan pakaian-pakaian yang sudah selesai dilaundry, dan juga saya akan memberikan fasilitas bonus tambahan selama menggunakan pelayanan jasa kami selama 30 kali. dan yang terakhir mengadakan sistem yang jauh lebih cepat sengan sistem pelayanan mencuci satu hari selesai.  

Maka dari itu, karena banyaknya yang tertarik untuk masuk ke jenis usaha yang satu ini, maka saya akan akan memiliki strategi secara umum dalam kunci sukses usaha laundry kiloan maupun laundry dengan sistem permeteran diantara yaitu mentukan :

  1. Tempat yang dan nyaman.
  2. Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas). 
  3. Pemilik pakaian biasanya menginginkan pakaiannya bersih, rapi, dan harum.
  4. Harga terjangkau.
  5. Menggunakan bahan-bahan yang tidak menimbulkan kerusakan warna atau bahan pakaian.
  6. Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan, dan proses setrika.
  7. Tersedia setrika uap yang dapat digunakan untuk menyetrika pakaian dari bahan khusus. ( Sumber : http://yoserizal.com/business-start-up/laundry-kiloan/).






 

Setelah melihat usaha laundry kilioan ataupun usaha laundry dengan sistem permeteran ataupun kiloan. Disini saya pun melihat akan adanya terjadi suatu perubahan lingkungan yang disebabkan oleh dari berbagai macam segi perubahan, diantaranya yaitu sebagai berikut: 
 
  • Dari Segi Ekonomi 
Kebutuhan ekonomi menyebabkan sebagaian besar menjadi keluarga super sibuk yang kurang tidak mementingkan urusan rumah tangga, seperti mencuci apalagi yang tidak memiliki pembantu rumah tangga. Maka banyak orang yang beralih ke laundry kiloan atau laundry dengan sistem permeteran. Dengan adanya memiliki tingakat pendapatan yang lebih banyak. Bahkan disamping itu sekarang sudah tidak menjadi masalah akan patokan harga yang dikeluarkan.  
 
  • Dari Segi Sosial 
Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan. Memanfaatkan gaya hidup malas untuk mencuci bahkan menjadi sebuah gaya hidup kebiasaan yang lama-kelamaan menjadi sebuah Trend mencuci di laundry, karena itu semua sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini.  
 
  • Dari Segi Teknologi 
Perubahan teknologi pun juga ikut berubah yang biasanya masyarakat menggunakan cuci maual atau mencuci dengan menggunakan mesin cuci yang berkualitas standar. Sekarang semua itu bisa menjadi lebih mudah dan cepat tanpa membuang waktu dengan menggunakan jasa laundry semua itu menjadi lebih mudah yang memiliki sistem teknologi yang cangih dan berkualitas tinggi bahkan memiliki pengering tersendiri.  
  • Dari Segi Pemerintah 
Pemerintah pun juga ikut diuntungan dengan adanya surat ijin usaha perdagangan (SUIP) dan juga pembayaran pajak yang diterima oleh pemerintah.  
 
  • Dari Segi Alam 
Dari segi alam pun perubahan lingkungan bisa terjadi karena kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering. Oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry. Selain itu juga pemakain bahan baku yang ramah lingkungan digunakan. 



Dapat disimpulkan setelah melihat dan menguraikannya tentang peluang pasar yang ada disekitar lingkungan saya berada dan dimana saja tempat saya beraktifitas, bahwa peluang pasar pada jasa bisnis laundry kiloan atau pun laundry dengan sistem permeteran sangat menjanjikan. Maka dari itu saya sangat tertarik dalam menjalankan usaha bisnis laundry kiloan atau pun laundry dengan sistem permeteran yang mana masih belum diminati dan belum terlalu banyak pesaing disekitar lingkungan tempat saya tinggal. Karena di saat ini bisnis laundry kiloan atau pun laundry dengan sistem permeteran yang semakin hari semakin berkembang dan menjadi tumbuh subur bertebaran dimana-mana disetiap daerah ataupun wilayah lainnya.

Laundry merupakan salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh karyawan-karyawati, ibu rumah tangga, mahasiswa dan lain-lain yang memiliki tingkat kesibukan yang super padat dan sibuk yang tidak ada habisnya. Seperti contoh tidak usah jauh-jauh dilihat disekitar kampus saya dimana setiap tahun selalu saja ada mahasiswa baru masuk kuliah yang mereka anak perantauan ataupun yang tinggal jauh dengan lokasi kampus dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengekos, mereka pun pasti membutuhkan fasilitas pendukung untuk kegiatan sehari-harinya. Karyawan-karyawati yang super sibuk pun sangat membutuhkan akan jasa laundry. Dikarenakan ini semua dari kedua contoh diatas mereka tidak sempat untuk mengurus cucian mereka karena waktunya terbuang habis dan tersita waktu mereka untuk bekerja dan belajar ataupun dalam kendala lainnya, mungkin juga lebih praktis tidak membuang tenaga yang banyak dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama juga. Konsumen diatas tersebut merupkan pangsa pasar yang besar dalam bisnis usaha laundry ini. 

Itu sebabnya dalam penulisan untuk matakuliah Ekonomi Koperasi# yang disuruh untuk mengamati dan membaca peluang pangsa pasar di daerah sekitar kita berada ataupun beraktifitas dan saya memilih peluang usaha ini yaitu bisnis laundry kiloan maupun bisnis laundry yang menggunakan sistem permeteran karena memiliki prospek yang bagus dan untuk jangka panjang bagi penempatan lokasi dimana tempatnya tidak jauh berada  dari tempat saya tinggal. Semoga dengan tulisan ini dapat memberi informasi kepada teman-teman semua dan juga bisa terinspirasi untuk membaca peluang yang ada disekitar kita berada dan membaca suatu peluang tersebut menjadi sebuah keuntungan. 



 Sumber gambar:
  • http://www.google.co.id/imgres?q=laundry&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=681&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=_s3c6AIShlqnbM:&imgrefurl=http://w
  • http://www.google.co.id/imgres?q=laundry&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=681&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=pmqNwyZS0MbcPM:&imgrefurl=http://sidoarjo.olx.co.id/super-wash-laundry
  • http://www.google.co.id/imgres?q=laundry&start=240&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=681&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=TcIqC1sraYBUYM:&imgrefurl=http://neo-freshpusat.indonetwork.co.id

1 komentar:

  1. terimakasih telah berbagi informasi seputar bisnis, sangat bermanfaat. tampilan blog-nya juga sangat menarik..
    Aplikasi Kasir Laundry Android

    BalasHapus