9 Jan 2012

PENGELOLAAN BISNIS LAUNDRY DENGAN PENGEMBANGAN BADAN USAHA MELALUI SISTEM PEMBERI WARALABA-FRANCHISE DALAM MENJALANKAN BISNIS INI

Dalam pembahasan pada blog ini, saya akan membahas tentang badan usaha yang cocok dengan bisnis yang akan saya jalankan setelah sebelumnya membahas tentang Peluang Pasar Laundry Rumahan dan Lingkungan Bisnis yang ada pada Usaha Laundry. Dalam tulisan ini dengan menentukan jenis bentuk badan usaha yang nantinya akan menaungi bisnis laundry yang akan saya jalankan yaitu terutama untuk menentukan siapa yang menjadi pemodal dan apa peran serta tanggung jawab orang-orang yang terlibat di dalamnya. Di mana memiliki struktur bisnis yang lebih bagus serta terarah untuk kedepannya.

Saya memilih badan usaha melalui sistem pemberi waralaba-franchise, karena bagi saya Waralaba-franchise untuk pembisnis kecil dan menengah pemula sangat cocok sekali dan saya mengambil waralaba-franchise untuk mengembangkan bisnis laundry. Dengan memiliki lisensi salah satu jenis waralaba, pembisnis bagi pemula bisa belajar menjalani usaha dengan mengenali pola-pola peluang dan risikonya. Meski begitu, jangan asal salah memilih dalam jenis usaha waralaba. Franchise memudahkan pembisnis pemula untuk menjadi seorang entrepreneur yang lebih dasyat lagi, karena tingkat keberhasilan usaha dalam berbisnis dengan sistem franchise relatif lebih besar dibandingkan dengan memulai usaha sendiri yang dari nol. Walaupun itu tidak semuanya benar bahwa memulai berbisnis yang dari nol tingkat keberhasilan kecil karena itu semua tergantung pada sifat, pembawaan si pemilik usaha serta kegigihannya dalam mengembangkan bisnis. sebagai pemberi waralaba atau franchise Nasional yang handal dan mempunyai daya saing di dalam negeri dan luar negeri khususnya dalam rangka memasarkan produk dalam negeri.


APA SIH WARALABA ITU ?

Pengertian waralaba menurut PP RI No. 42 Tahun 2007 tentang waralaba, (Revisi atas PP No. 16 Tahun 1997 dan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba), waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha terhadap sistem dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti hasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. (sumber : http://www.suwayuwo.com/2011/11/pengertian-waralaba-atau-franchise.html).
Dimana ada terdapat Franchisor atau pemberi waralaba dan Franchisee atau penerima waralaba:
  • Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
  • Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba). 

Kriteria Waralaba
Dalam PP No. 42 tahun 2007 disebutkan bahwa waralaba harus memenuhi 6 (enam) kriteria , yakni: 
  1. Memiliki ciri khas usaha.
    Suatu usaha yang memiliki keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru dibandingkan dengan usaha lain sejenis, dan konsumen selalu mencari ciri khas yang dimaksud. (sistem manajemen, cara penjualan dan pelayanan, atau penataan atau cara distribusi). 
  2. Terbukti sudah memberikan keuntungan.
    Menunjuk kepada pemberi waralaba yang telah dimiliki kurang lebih 5 (lima) tahun dan telah mempunyai kiat-kiat bisnis untuk mengatasi masalah-masalah dalam perjalanan usahanya, dan ini terbukti dengan masih bertahan dan berkembangnya usaha tersebut dengan menguntungkan.
     
  3. Memiliki standar atas pelayanan barang dan jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis.
    Penerima waralaba dapat melaksanakan usaha dalam kerangka kerja yang jelas dan sama (standar operasional kerjanya).
     
  4. Mudah diajarkan dan diaplikasikan.
    Mudah untuk dilaksanakan sehingga penerima waralaba yang belum memiliki pengalaman atau pengetahuan mengenai usaha sejenis dapat melaksanakannya dengan baik sesuai dengan bimbingan operasional dan manajemen yang berkesinambungan yang diberikan oleh pemberi waralaba.
     
  5. Adanya dukungan yang berkesinambungan.
    Dukungan dari pemberi waralaba secara terus menerus seperti bimbingan operasional, pelatihan, dan promosi.
     
  6. Hak dan kekayaan intelektual yang telah terdaftar.
    Hak kekayaan intelektual yang terkait dengan usaha seperti merek, hak cipta, hak paten, rahasia dagang sudah di daftarkan dan mempunyai sertifikat atau sedang dalam proses pendaftaran di instansi yang berwenang.


Perjanjian atau kontrak Franchise
Kontrak franchise merupakan dokumen yang didalamnya berisi seluruh transaksi yang dijabarkan bersama dan tepat menggambarkan janji-janji yang dibuat dan harus adil serta menjamin kontrol untuk melindungi intergritas sistem.


Keuntungan Waralaba di banding bisnis lain: 
  • Biasanya mempunyai produk yang unik, tidak mudah ditiru.
  • Mempunyai konsep usaha yang telah terbukti berhasil. 
  • Sudah mempunyai nama.
  • Adanya standarisasi dan pengoperasian yang jelas (SOP).
  • Resiko kerugian yang rendah.
    (
    Sumber : http://bisnisukm.com/“waralaba”-apa-keuntungannya-2.html). 

Setelah mengetahui waralaba secara detail mulai dari pengerian peraturan pemerintah, kriteria, dan perjanjian kontrak sampai keuntungan yang di dapat.



Contoh Calon Franchise Laundry dengan persayaratan ketentuan dan keuntungannya dari franchise ini :

Super Wash Laundry merupakan franchise laundry pertama dan terbesar di Indonesia yang mengusung konsep LOW COST. Super Wash Laundry menawarkan paket franchise yang relative murah dan worth-it untuk dimiliki. Dengan slogan “we have everything you need” Super Wash Laundry memiliki beberapa pelayanan laundry yang lengkap dengan spesialisasi laundry kiloan, laundry satuan (dry clean), laundry helm, laundry karpet, dll. 


Keunggulan dalam segi inovasi produk dan layanan membuat Super Wash Laundry sangat layak diperhitungkan di kancah dunia franchise & waralaba tanah air. Berbekal menyebarkan semangat berwirausaha, Virdiansyah (President Director Edria Group – Super Wash Laundry), sejak 2009 hingga kini Super Wash Laundry telah melebarkan sayapnya dengan hadir di lebih dari 90 cabang yang tersebar luas di puluhan kota di Indonesia. Beberapa penghargaan telah diraih dalam kurun waktu yang relative singkat; Juara 1 Nasional Wirausaha Muda Berprestasi 2010, Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2010, Franchise & Business Opportunity Best Seller 2010, 3rd Top Of Mind Brand Awareness 2011, dan masih banyak.

MENGAPA MEMILIH LAYANAN LAUNDRY SUPER WASH 
  1. Member Get Member. 
  2. On time. 
  3. Laundry bergaransi (rewash, return, free tanpa nota). 
  4. Free pick up delivery. 
  5. Pencucian tidak dicampur. 
  6. Selalu ada diskon special. 
  7. Super Express 3 jam jadi.
  8.  Banyak pilihan pewangi. 
  9. Fun & Friendly. 
  10. Exclusive packaging. 
  11. Laundry helm. 
  12. 1 customer 1 machine. 
  13. Teknik laundry sesuai washing care label. 
  14. Detergen ramah lingkungan. 
  15. Washer teknologi terbaru. 
  16. Laundry bag. 
  17. Laundry gratis saat opening.
DAN MASIH BANYAK LAGIIII 

PAKET INVESTASI PILIHAN 
Super Wash Laundry menawarkan 4 paket franchise pilihan :

  1. Paket Simple 41 Juta 
  2. Paket Super 53 Juta
  3. Paket VIP 80 JutaPaket Industri 100 Juta 

BEBERAPA POINT YANG MEMBEDAKAN ANTAR PAKET TERSEBUT DIANTARANYA : 
  • Segmentasi Market.
  • Kapasitas Produksi.
  • Design Outlet Workshop. 
  • Fasilitas.  
  • Paket Promosi & Strategi Marketing.  
  • Strategi Bisnis


Paket Industri diperuntukkan kepada para calon franchisee yang berminat sebagai rekanan/outsourcing perusahaan yang membutuhkan layanan laundry dalam partai besar.

Untuk harga per kg disesuaikan masing-masing daerah dengan memperhatikan daya beli masyarakatnya. Sebagai contoh untuk daerah Jawa Barat Rp 5.500/kg, untuk Jakarta Timur Rp.6500/kg, untuk daerah Bandung Rp.5500/kg, Luar Jawa Rp 6000-8000/Kg dan daerah Jogja sendiri Rp.3000/kg.

Strategi bisnis dari Super Wash Laundry dirancang khusus agar memungkinkan balik modal investasi / BEP dicapai dalam kisaran waktu 2 s/d 7 bulan. 

Kami yakin dan percaya dengan bekerjasama dengan Anda, bersama kita akan menggapai kesuksesan yang kita inginkan, berkembang bersama, memajukan masyarakat sekitar kita dengan membuka lapangan kerja dan menjadi bagian dalam memajukan bangsa negara Indonesia.


Super Wash menyediakan 3 macam bentuk paket diantaranya :

  • Paket INDUSTRI 100 JUTA
PAKET INDUSTRI 100 JUTA
Franchise Fee 5 tahun
Vacuum Table 1 unit
Boiler System 10-25 Ltr 1 unit
Washer Front Load 7 kg 1 unit
Washer Top Load 10 kg 1 unit
Dryer Gas 10 kg 2 unit + Tabung Gas 2 unit
Vacuum Cleaner 1 unit
Timbangan Digital 1 unit
Heavy Duty Ironing 2 unit
Tools & Chemical (Dry Clean & Laundy Helm)
Perlengkapan & Peralatan
Bahan Baku Laundry (softener, detergen, pewangi)
Chemical Laundry 1 paket
Paket Media Promosi
Furniture
SOFTWARE + Computer
Printer dot matrix 1 unit
BIAYA FRANCHISE 100.000.000
Belum termasuk biaya kirim, transportasi & akomodasi, sewa tempat, operasional tim pengerjaan
  • Paket VVIP 80 JUTA
PAKET VIP 80 JUTA
Franchise Fee 5 tahun
Washer Front Load 7 kg 1 unit
Washer Top Load 9,5 kg 1 unit
Washer & Dryer 7 kg 1 unit
Tumble Dryer 1 unit
Dryer Gas 10 kg 1 unit
Vacuum Cleaner 1 unit
Timbangan Digital 1 unit
Heacy Duty Ironing 2 unit
Tools & Chemical (Dry Clean & Laundry Helm)
Perlengkapan & Peralatan
Bahan Baku Laundry (softener, detergen, pewangi)
Chemical Laundry 1 paket
Paket Media Promosi
Furniture
SOFTWARE + Computer
BIAYA FRANCHISE 80.000.000
Belum termasuk biaya kirim, transportasi & akomodasi, sewa tempat, operasional tim pengerjaan

  • Paket Super 53 Juta
PAKET SUPER 53 JUTA
Franchise fee 5 tahun
Washer Front Load 7 kg 1 unit
Washer Top Load 9,5 kg 1 unit
Dryer Gas 10 kg 1 unit
Timbangan Digital 1 unit
Heavy Duty Ironing 2 unit
Tools & Chemical (Dry Clean & Laundry Helm)
Perlengkapan & Peralatan
Bahan Baku Laundry (softener, detergen, pewangi)
Chemical Laundry 1 paket
Paket Media Promosi
Furniture
Software
BIAYA FRANCHISE
53.000.000
Belum termasuk biaya kirim, transportasi & akomodasi, sewa tempat, operasional tim pengerjaan
  • Paket Super 41 JUTA
PAKET SIMPLE 41 JUTA
Franchise fee 5 tahun
Washer Font Load 7 kg 1 unit
Dryer Gas 10 kg 1 unit
Timbangan Manual 1 unit
Heavy Duty Ironing 1 unit
Dry Clean Tools & Chemical 1 paket
Perlengkapan & Peralatan
Bahan Baku Laundry (softener, detergen, pewangi)
Chemical Laundry 1 paket
Paket Media Promosi
Furniture
Software
BIAYA FRANCHISE 
41.000.000
Belum termasuk biaya kirim, transportasi & akomodasi, sewa tempat, operasional tim pengerjaan

    PERSYARATAN MENJADI MITRA
    1. Perorangan atau perusahaan yang memiliki ketertarikan dengan bisnis laundry kiloan. 
    2. Semangat berwiraswasta dengan keinginan kuat untuk berhasil menjalankan bisnis Super Wash. 
    3. Sanggup untu mengembangkan dan berperan aktif dalam mengoperasikan bisnis Super Wash. 
    4. Menjalankan Standart Operating Procedure (SOP) yang menjadi dasar kekuatan bisnis Super Wash. 
    5. Memiliki modal untuk mengambil paket bisnis yang dipilih, membiayai seluruh persiapan yang diperlukan dan juga untuk dana cadangan awal operasional laundry. 
    6. Memiliki integritas yang tinggi. 
    7. Jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan kewajiban sesuai yang tertera dalam perjanjian kerjasama bisnis. 
    8. Memahami setiap keuntungan dan resiko dalam menjalankan bisnis Super Wash. 

    4 TAHAP AWAL BERGABUNG FRANCHISE SUPER WASH : 
    1. Calon Franchisee Mengisi Form Aplikasi.
    2. Transfer Commitment Fee Rp. 2.500.000 
    3. Interview. 
    4. Jika interview LOLOS, proses dilanjutkan survey lokasi.
     
    FASILITAS SUPPORT yang DIPEROLEH SEBAGAI MITRA :
    1. Mendapat Standart Opertional Procedure (SOP) ; teruji dan mudah di aplikasikasi.
      • Sistem Manajemen Keuangan 
      • Sistem Manajemen Operasional
      • Sistem Marketing & Promosi
      • Sistem Pengelolaan Laundry
      • Sistem Quality Control
      • Sistem Manajemen SDM
    2. Supply bahan baku laundry rutin :
      Deterjen. pewangi, softener, chemical, dan plastik laundry Super Wash.
    3. Supply mesin - mesin laundry.
    4. Supervisi, Menitoring, Konsultasi rutin, Evaluasi.
    5. Supporting Management :
      Jika mitra mengalami kendala yang sangat berat dan tidak dapat di atasi dengan prosedur standart yang ada , manajemen akan dikirim dari pusat untuk membantu mengurai masalah yang dihadapi.
    6. Support pengajuan kerjasama laundry dengan instansi, perusahaan, perkantoran, pabrik, rumah sakit, hotel, apartement, real estate, rusun, salon & spa, resto, social community, dll.
    7. Software Super Wash.
    8. Paket promosi dan strategi pemasaran khusus.
    9. Design interior - eksterior workshop dan Design tata ruang workshop. 

    OUR SERVICE : 
    1. Laundry Kiloan 
    2. Laundry Eksklusif 
    3. Laundry Dry Clean 
    4. Laundry Helm 
    5. Laundry Karpet6. Laundry Sofa 
    6. Laundry Matras & Spring Bed 

    9 LANGKAH CEPAT DAN MUDAH UNTUK MENJADI MITRA :
    1. Calon Mitra mengisi From Aplikasi untuk Menjadi Mitra. 
      • Via Email
      • Via Website
      • Via SMS
       
    2. Jika aplikasi diterima, proses dilanjutkan dengan pembayaran I (pertama), Commitment Fee+Biaya Survey=Rp. 2.500.000 (Jawa dan Luar Jawa).
      • Sudah termasuk dalam paket bisnis.
      • Belum termasuk biaya transportasi dan akomodasi.
       
    3. Penjelasann kriteria calon lokasi usaha, persiapan pemilihan lokasi dan penjadwalan survey.
      Setelah lokasi disurvey, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (kesepakatan awal) bersama surveyor.


    4. Setelah MoU, dilanjutkan dengam pembayaran II (ke-dua) sejumlah 80% dari nilai paket bisnis yang dipilih yang telah dikurangi Rp. 2.500.000 dari pembarayan pembayaran I.

    5. Persiapan pra operasional baik oleh manajemen super wash laundry maupun mitra.
      • Flooe plan 
      • Renovasi 
      • Rekruitment staff 
      • Pengadaan barang 
      • Pengiriman barang selain mesin
       
    6. Setelah barang dilanjutkan dengan pembayaran III pelunasan sisa dari nilai paket bisnis yang dipilih.
      Setelah proses pembayaran tersebut selesai, dilanjutkan pengiriman mesin dan penjadwalan training & opening.

    7. Penandatangan perjanjian kerjasama bisnis antara super wash dan mitra.

    8. Penerahan SOP, dilanjutkan training+supervisi bagi pengelola dan karyawan oleh manajemen super wash laundry di tempat mitra.

    9. Masa promosi, workshop mulai operasional, soft opening, grand opening. 


    Itu lah sebuah contoh salah satu Franchise Laundry yang nanti akan saya pilih dalam menjalankan binis laundry. Dalam super wash mengusung konsep LOW COST relative murah dan worth-it untuk dimiliki. Hal yang perlu di ingat ialah JANGAN SALAH PILIH !! Banyak Franchise laundry kiloan yang “mengaku terMURAH” dan juga dalam bentuk Penawaran Investasi Laundry yang bisa menggunakan nama sendiri tanpa ada track record yang baik. Hargai uang yang anda keluarkan pada investasi yang tepat. Jangan sampai kecewa dikemudian hanya karena ingin menekan dana investasi awal. 
    Super Wash sudah terbukti dengan jelas walaupun mengusung konsep LOW COST disini sudah tebukti dan teruji bahwa untuk Menjadi Low Cost Franchise Laundry ternama dan terkemuka pertama di Asia dengan memiliki lebih dari 500 cabang di tahun 2015 karena kualitas dan inovasinya dengan berkualitas dan super wash lebih dari 90 cabang. Dengan kerjasama yang baik, optimis, bisnis laundry ini akan bertumbuh dengan baik dan memberi manfaat bagi pelanggan, franchise, franchisor juga masyarakat dalam lingkungan tersebut karena tersedianya lapangan kerja.


    TERIMA KASIH... GOOD LUCK TEMAN- TEMAN




    Sumber super wash Laundry : 
    http://www.franchiselaundry.com/Galeri.html http://waralabaku.com/franchise-super-wash-laundry

    2 komentar:

    1. udah mau lebaran aja nhe gan? udah dapat THR kan? dari pada dana THR habis sia-sia mending buat diinvestasikan untuk membeli mesin pengering laundry mumpung ada promo dapat hadiah setrika listrik dan FREE ongkir untuk setiap pembelian Dryer Whirpool. unutuk informasi lebih lanjut segera kunjungi website kami di www.laundryplasa.com, atau hubungi CS kami di 081216709070 #promo #free #freeongkir

      BalasHapus
    2. terimakasih Kak atas informasinya.
      Silahkan kunjungi Aplikasi Kasir Laundry untuk mendapatkan cara dalam mengelola usaha laundry dengan praktis dan efisien..

      BalasHapus