Banyak pebisnis yang terbiasa dengan tantangan untuk mempertahankan produktivitasnya dan keuntungan di saat industri terancam. Ancaman itu bisa berasal dari:
- Kerusuhan global
- Kelangkaan pemasok
- Kehadiran pesaing yang semakin mengancam
Tidak sedikit pebisnis yang bisa melewati semua rintangan dan ada juga yang tidak bisa melewati tantangan tersebut. Salah satu contoh yang bisa dijadikan inspirasi bagi kita yakni kisah sukses dari perusahaan penerbangan Air France.
Perusahaan penerbangan asal Prancis ini menjadi lebih impresif karena adanya sejumlah tekanan yang signifikan dan terus menerus yang dihadapi oleh industri ini.
Dalam hal ini Air France merasa bahwa pasar tradisional terancam oleh beberapa peningkatan persoalan diantaranya:
- Persoalan keamanan yang tidak menentu
- Kemunduran industri penerbangan
- Perkembangan perusahaan pengangkut berbiaya murah
Dengan adanya masalah ini Air France tetap kompetitif dan menaruh perhatian khusus kepada 4 teknik:
- Bereaksi cepat, dengan adanya krisis yang melanda itu, Air France mengimplementasi dengan cepat strategi baru agar perusahaan bisa bangkit kembali.
- Bereaksi secara kolektif, dewan pengurus Air France mengadakan pertemuan guna mengambil tindakan segera, dengan mempertimbangkan cara terbaik dalam merespon suatu kejadian dan mengoordinasikan respons tersebut.
- Terus memperhatikan semua pesaing, di Prancis terdapat pesaing yang mapan untuk layanan transportasi kepada masyarakat yakni kereta berkecepatan tinggi (TGV). Ini berarti bahwa diperlukan banyak ilmu kreatif dan inovasi agar bisa menarik konsumen untuk bisa memilih Air France.
- Menggunakan semua sumber daya yang tersedia, sumber itu bisa berupa manusia yang dimaksimal untuk bisa bangkit kembali dari keterpurukan dan juga dari aset yang tadinya belum dimanfaatkan menjadi bermanfaat dan berguna untuk kelangsungan perusahaan.
Setelah melihat contoh yang sukses dari Air France tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan dan menerapkan ke dalam ide bisnis. Berikut penerapan-penerapan yang bisa kita ambil dari ide bisnis ini untuk meningkatkan daya saing yang unik seperti:
Bagaimana apakah Anda mendapat inspirasi dari contoh atas, sehingga dijadikan motivasi bagi Anda untuk berkembang.
Di kutip dari buku 100 Ide Bisnis Terhebat
- Komunikasikan secara aktif brand value Anda, yakni apa yang membuat bisnis dan produk Anda spesial dan serta layak dipilih oleh konsumen.
- Bandingkan bisnis Anda dengan usaha orang lain. Apakah ada perbedaan yang mencolok, jika ada segera cari kelemahannya dan segera perbaiki.
- Temui pelanggan dan pahami persepsi serta kebutuhan mereka.
- Perkuat dan memahami serta pertahankan penyebab keberhasilan dalam berbisnis.
- Cari tahu kenapa pelanggan lebih mencari Anda daripada pesaing Anda.
- Tinjau ulang kekuatan dan kelemahan pesaing secara rutin. Kembangkan sebuah rencana kerja yang nantinya akan meminimalkan kekuatan dan mengeksplotasikan kelemahan mereka.
- Kembangkan serta sempurnakan produk dan taktik yang digunakan untuk menjual dengan memanfaatkan pemahaman Anda mengenai persaingan. (HN)
Bagaimana apakah Anda mendapat inspirasi dari contoh atas, sehingga dijadikan motivasi bagi Anda untuk berkembang.
Di kutip dari buku 100 Ide Bisnis Terhebat
Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2012/11/12/ide-bisnis-untuk-meningkatkan-daya-saing/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar