7 Jan 2013

TUJUAN DARI SEGMENTASI DAN BENEFIT MELAKUKAN SEGMENTASI

Tujuan Dari Segmentasi :

Mengapa seorang pemasar harus melakukan segmentasi terhadap pasarnya? Alasan pertama adalah karena adanya perbedaan atau keanekaragaman di dalam pasar itu sendiri. Tak ada satu orang pun yang sama, dan perbedaan tersebut sangat berpengaruh terhadap kebutuhan pasar.

Alasan kedua adalah kita bisa menemukan peluang bisnis, bila kita berhasil menemukan kebutuhan pasar yang belum terpenuhi.

Kita melakukan segmentasi supaya kita bisa mendefinisikan pasar berdasarkan kebutuhan pelanggan dengan lebih rinci dan jelas. Kita bisa lebih memahami pelanggan, dan yang lebih penting lagi, mengerti mengapa mereka membeli. Dengan demikian, strategi marketing yang akan dibuat nanti bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Jangan lupa pula bahwa kebutuhan pasar itu terus berubah-ubah. Program segmentasi yang bagus sangat diperlukan supaya kita bisa cepat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah ini. Selain itu, kita juga bisa mengalokasikan sumber daya marketing yang ada dengan lebih efisien.

Segmentasi yang baik dan tepat bisa melancarkan program pemasaran sehingga bisa berjalan dengan efektif. Dengan segmentasi yang benar, anggaran bisa dihemat, periklanan bisa lebih tepat sasaran dan kepuasan pelanggan juga bisa ditingkatkan.
 
 

 

Benefit melakukan segmentasi :

Ada beberapa keuntungan dalam melakukan segmentasi: 
  1. Lebih jelas. Segmentasi membuat kita bisa melihat secara lebih jelas pasar yang akan menjadi sasaran. Kita dapat semakin mengerti konsumen kita, dan apa menjadi motif konsumen tersebut membeli produk kita.
     
  2. Lebih efektif. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, kita dapat menjalankan program-program pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut. Dengan demikian program pemasaran kita akan bisa berjalan dengan efektif.
  3. Lebih efisien. Segmentasi membuat alokasi sumber daya kita menjadi efisien. Sebagai contoh, dalam berpromosi kita dapat menghindarkan terjadinya pemborosan karena promosi kita tidak tepat sasaran.
     
  4. Lebih kompetitif. Melalui segmentasi kita dapat memposisikan merek kita ke dalam satu kelompok segmen tertentu dimana merek kita lebih memiliki kompetensi dibandingkan merek lain. Sebagai contoh, sebuah merek pasta gigi memilih pasar orang yang menyukai kesegaran mulut karena pasta gigi yang diproduksinya memiliki kandungan yang dapat menyegarkan nafas.
 
 
 
Sumber :
http://kampus.marketing.co.id/2011/07/21/tujuan-segmentasi/
http://kampus.marketing.co.id/2011/07/05/benefit-melakukan-segmentasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar