Dalam bahasa inggris ada berbagai macam
jenis-jenis surat ataupun email. Para pembicara yang menggunakan bahasa Inggris
juga harus bisa dalam menulis berbagai macam email dan surat ini apabila ingin
tetap sukses dalam bisnisnya. Untuk bisa menguasai dalam penggunaan ataupun
penulisan surat-surat dan email bahasa Inggris ini tentunya harus dimulai dari
dasar. Ketika kita sudah mulai mengerti berbagai macam style surat bisnis,
kalimat-kalimatnya, kalimat sapa, cara mengakhiri surat, bisa dilanjutkan ke
fase berikutnya untuk lebih mengasah keahlian menulis surat ini dengan menulis
berbagai macam jenis surat bisnis berikut ini.
Surat meminta
informasi (inquiry)
Buatlah
surat meminta informasi ketika anda membutuhkan informasi lebih banyak akan
suatu produk maupun servis. Surat bisnis jenis ini cenderung menuliskan secara
spesifik jenis barang untuk dimintakan informasi mendetailnya dalam sebuah
katalog, brosur, maupun nomor telpon. Membuat surat permintaan informasi bisa
membantu kita juga untuk tetap up to date informasi bisnis.
Surat iklan
penjualan (istilahnya Sales letter)
Sales
letter digunakan untuk memperkenalkan produk yang baru kepada para klien dan
kostumer-kostumer baru. Sangatlah penting untuk menyebutkan masalah-masalah
para klien dan kemudian memberikan solusinya dengan produk yang dijual.
Balasan surat
permintaan informasi
Membalas
atau me-reply surat bisnis sangatlah penting untuk dilakukan. Para konsumen
yang tertarik akan produk kita merupakan prospek bisnis terbaik bagi kita.
Pelajari bagaimana berterimakasih kepada pembeli dan berikan sebanyak mungkin
informasi tentang produk kita kepada calon pembeli.
Surat syarat dan
kondisi keanggotaan (biasanya disebut Account Terms and Conditions)
Ketika
kostumer baru menjadi anggota sangatlah penting untuk memberikan informasi
tentang syarat-syarat dan kondisi keanggotaan. Jika anda menjalankan sebuah
usaha kecil maka membuat surat jenis ini menjadi hal “lumrah”.
Surat pernyataan
atau konfirmasi
Untuk
keperluan legal/hukum sangat dibutuhkan surat pernyataan ataupun surat
konfirmasi. Kadang disebut juga sebagai “letters of receipt” atau
“acknowledgment letters” dan surat jenis ini cenderung untuk bersifat
resmi dan singkat.
Surat pemesanan
atau disebut juga placing an Order
Seorang
bisnisman terkadang harus membuat surat jenis ini terutama sekali ketika
memesan barang dalam jumlah banyak. Anda tentu tidak ingin barang pesanan anda
tidak sesuai dengan waktu pengantaran dan spek yang telah ditentukan.
Surat gugatan
atau meminta ganti rugi (claim)
Sayangnya
dari waktu kewaktu terkadang kita harus mengajukan ganti rugi atas orderan
barang yang tidak sesuai maupun servis yang mengecewakan. Surat jenis ini
dibutuhkan untuk menyatakan ketidakpuasan kita dan pernyataan ganti rugi baik
berupa ganti barang maupun pengembalian uang.
Surat membalas
klaim
Walau
sebagai pebisnis terbaikpun pasti pernah berbuat kesalahan dari waktu ke waktu.
Dalam kasus ini biasanya kita akan mendapatkan surat klaim dari pelanggan
maupun kostumer. Untuk menjawab surat komplain tersebutlah maka kita perlu bisa
dalam membuat surat untuk membalas surat pengajuan gugatan.
Surat Cover
Letter atau lebih dikenalnya adalah surat lamaran kerja
Surat
jenis ini sangatlah terkenal sekali di antara para pencari kerja. Biasanya
surat lamaran kerja berisi pendahuluan, sedikit isi dari CV kita, dan sikap
positif kita bila diterima kerja di perusahaan yang kita lamar.
Sumber :
http://jujubandung.wordpress.com/2012/11/05/berbagai-macam-tipe-surat-bisnis-dalam-bahasa-inggris/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar