21 Nov 2013

PENYEBAB KEGAGALAN DALAM BERWIRAUSAHA




 

Beragam cara untuk mengantisipasi permasalahan pengangguran, salah satunya adalah menciptakan lapangan pekerjaan atau dalam arti lain "Berwirausaha". Berwirausaha adalah salah satu solusinya. 

Namun, dalam berwirausaha tidaklah semudah membalik telapak tangan. Tidak jarang orang yang mencoba untuk berwirausaha berujung pada kegagalan. 

Berikut ini adalah 10 penyebab kegagalan dalam berwirausaha.
  1. Terlalu Ambisius
    Jiwa yang terlalu ambisius menyebabkan action bisnisnya tanpa perhitungan sama sekali. Atau bisa disebut "Nekad Doang". Akhirnya usahahnya benar-benar berjalan terus merosot. Mereka yang terlalu ambisius tanpa perhitungan yang matang biasanya cepat jatuh disaat tertimpa masalah. Oleh karena itu bolehlah berambisi asal tidak berlebihan.
  2. Terlalu Optimis Dengan Dana Orang Lain
    Karena terlalu optimis, sehingga berakibat lupa diri, bahwa dana itu milik orang lain yang harus dikembalikan juga. Nah, karena lupa diri ini, maka cara memakai dananya juga bisa sembarangan sehigga menimbulkan kerugian bagi pihak yang meminjamkan dana.
  3. Terlalu Merasa Percaya diri
    Seseorang jika sudah memiliki kepercayaan diri yang berlebihan, biasanya juga memiliki espektasi yang berlebihan terhadap bisnisnya. Ini menyebabkan timbulnya pikiran "menggampangkan" relasi bisnisnya. Akibatnya, bisa dijauhi bahkan ditinggal relasinya, karena sering tidak sepaham.
  4. Tidak Mau Belajar Tentang Kondisi Lingkungan Bisnisnya
    Sering mengabaikan "hati nurani", sehingga intuisi bisnisnya tidak terasah. Intuisi ini biasanya akan terasa bagi mereka yang telah melatihnya. Kata hati biasanya berkata benar.
     
  5. Gampang Terpengaruh
    Gampang terpengaruh yang menyebabkan mudah terseret mengikuti model lingkungannya. Menjadi lupa untuk menyaring segalanya. Sehingga tidak bisa konsisten dengan sesuatu hal yang sedang ditekuni.
     
  6. Terlalu Menjaga Gengsi Pribadi
    Terlalu menjaga gengsi pribadi sehingga sangat ingin menunjukkan ke orang lain bahwa dia sudah sangat sukses. Ini berakibat memiliki sifat yang konsumtif sekali. Sungguh berbahaya karena ada keinginan yang kuat untuk pamer hal-hal yang bersifat fisik, sebelum waktunya.
     
  7. Terlalu Mengutamakan Kepentingan Sendiri
    Lebih banyak berfikir untuk meraih keuntungan pribadi. Sering mengabaikan kebutuhan relasi bisnis. Dengan mengabaikan relasi bisnis, dapat menyebabkan partner bisnis kita hilang satu-persatu. Ini berbahaya bagi kelangsungan bisnis yang kita tekuni.
     
  8. Tidak Terbuka Terhadap Relasi Bisnis
    Bisa dibilang juga, kurang jujur mengungkapkan bagaimana bisnis sebenarnya. Kejujuran adalah modal utama bisnis. Tanpa kejujuran, bisnis anda tidak mungkin berjalan lancar.
     
  9. Kurang Melayani Orang Lain
    Yang dimaksud ini adalah "kurang bersedekah". Sebenarnya dengan bersedekah, akan membuat rezeki kita semakin lancar. seperti firman ALLAH SWT: jika kita memberi 1 maka Allah akan membalas 700kali lipat. Oleh karena itu, perbanyaklah bersedekah.
     
  10. Kurang Pandai Bersyukur
    Apapun yang terjadi sebenarnya selalu patut untuk disyukuri. Baik disaat untung maupun rugi. Dengan bersyukur niscaya ALLAH akan menambah nikmat kita (rezeki). Oleh karena itu, jangan pernah lupa anda untuk bersyukur. 


Keseluruhan ini artikel sumber dari : http://www.smartbisnis.co.id/insight/inspirasi-bisnis/penyebab-kegagalan-dalam-berwirausaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar