28 Nov 2012

TIPE PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN


  1. Perilaku Pembelian Kompleks
    Perilaku pembelian konsumen dalam situasi yang bercirikan adanya keterlibatan konsumen yang sangat tinggi dalam membeli dan adanya persepsi yang signifikan mengenai perbedaan diantara merek.
     
  2. Perilaku Pembelian Pengurangan Disonansi.
    Perilaku pembelian dalam situasi dimana pembeli mempunyai keterlibatan yang tinggi tetapi melihat hanya sedikit perbedaan antar merek.
     
  3. Perilaku Pembelian Kebiasaan
    Suatu situasi dimana konsumen mempunyai keterlibatan rendah dan perbedaan yang tidak jauh antar merek.Perilaku Pembelian Pencarian Variasi.
     
  4. Perilaku pembelian konsumen dalam situasi dimana konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi mempersepsikan adanya perbedaan merek yang signifikan.
 



KARAKTERISTIK YANG MEMPENGAURHI PERILAKU KONSUMEN  
  1. Faktor-faktor Budaya
    • Budaya : Serangkaian nilai, persepsi, keinginan, dan perilaku dasar yang dipelajari oleh anggota masyarakat dari keluarga dan instansi penting lain.  
    • Sub-budaya : kelompok orang yang memiliki sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang serupa.  
    • Kelas Sosial : Pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan relatif teratur dimana anggota memiliki nilai, minat dan perilaku yang serupa.

  2. Faktor-faktor Sosial.
    • Kelompok : Dua atau lebih sekelompok orang yang berinteraksi untuk memenuhi tujuan individu atau tujuan bersama. 
    • Keluarga. 
    • Peran dan Status. ( Peran terdiri dari sejumlah aktivitas yang diharapkan untuk dilakukan menurut orang-orang di sekitarnya, Tiap peran membawa status yang mengambarkan penghargaan umum terhadap peran tersebut oleh masyarakat.


  3. Faktor-faktor Pribadi
    • Umur dan Tata Siklus Hidup, 
    • Pekerjaan. 
    • Situasi Ekonomi. 
    • Gaya Hidup : Pola hidup seseorang yang tergambarkan pada aktivitas, interest, dan opinion ( AIO ) orang tersebut. 
    • Kepribadian dan Konsep Diri. ( Kepribadian, sikologis yang membedakan seseorang yang menghasilkan tanggapan secara konsisten dan terus-menerus terhadap lingkungan. Konsep Diri, adalah kepemilikan seseorang dapat menyumbang dan mencerminkan ke identitas diri mereka ).

  4. Faktor-faktor Psikologis
    • Motivasi, kebutuhan yang mendorong seseorang secara kuat mencari kepuasan atas kebutuhan tersebut. 
    • Persepsi, Proses menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti tentang dunia. 
    • Pembelajaran, perubahan perilaku seseorang karena pengalaman. 
    • Keyakinan dan Sikap, ( keyakinan = pemikiran deskriptif yang dipertahankan seseorang mengenai sesuatu. Sikap merupakan evaluasi, perasaan dan kecenderungan yang konsisten atas suka atau tidak seseorang terhadap suatu obyek atau ide ).




Sumber : http://ips-mrwindu.blogspot.com/2012_01_01_archive.html 
Gambar : google.co.id/ https://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi



1 komentar: